Macam-Macam Taktik dan Cara Root Hp Samsung

Begitu punya smartphone jenis Android, banyak orang yang langsung tertarik untuk melakukan rooting. Selain manfaatnya yang banyak, caranya juga beragam dan sangat mudah. Buat kamu yang punya hp merek Samsung, ada beberapa macam dan cara root hp Samsung yang bisa dipilih. Berikut beberapa di antaranya.

Taktik dan Cara Rooting pada Hp Samsung

Taktik root hp Samsung bisa dilakukan dengan beberapa cara, dengan 2 yang paling umumnya adalah dengan PC dan tanpa PC (aplikasi). Kamu bisa pilih cara ke dua kalau cara pertama belum juga berhasil. Kalau semuanya support untuk tipe hp Samsung yang kamu miliki, pilih yang sesuai dengan aplikasi bawaannya.

Buat kamu yang hobi ‘ngoprek’, beberapa taktik rooting bisa ditemukan dengan sendirinya. Hal ini tidak jauh berbeda dengan orang yang baru pertama kali punya hp. Meski tanpa tutorial, asalkan berani mengambil risiko untuk coba-coba, maka bisa menemukan bagaimana cara mengoperasikan tiap aplikasi bawaan.

Bahkan bisa sampai mengunduh aplikasi-aplikasi terbaru hingga menghindari efek samping dari rooting. Perlu kamu ketahui bahwa di balik banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari rooting, di antaranya adalah sistem yang eror sampai bootlop.

Cara Root Menggunakan PC

Ada beberapa cara root hp Samsung dengan PC, di antaranya adalah menggunakan iRoot, MobleGo, KingoRoot, Root Genius, One Click Root, dan KingRoot. Beberapa aplikasi ini bisa juga diterapkan langsung di smartphone tanpa PC. Untuk rooting dengan PC, akan dibahas yang iRoot saja.

Pertama kamu harus mengunduh aplikasi iRoor di PC, lalu instal. Setelah itu, koneksikan Samsung ke komputer menggunakan kabel data. Buka aplikasi iRoot di komputer, tunggu sampai smartphone milkmu terdeteksi di aplikasi. Kalau sudah selesai, akan muncul tanda centang hijau dan smartphone milikmu akan ter-restart secara otomatis.

Cara Root Menggunakan KingRoot

KingRoot merupakan aplikasi root Android tanpa PC yang paling banyak dipilih karena mendukung ratusan ribu tipe smartphone. Cara root hp Samsung tanpa PC dengan aplikasi KingRoot juga bisa diterapkan pada hp Samsung. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstalnya di smartphone.

Banyak laman yang bisa kamu pilih untuk mencari link untuk mengunduh aplikasi ini. Kamu hanya perlu meng-klik tombol yang tersedia, kemudian tunggu notifikasi yang akan memberitahukanmu apakah metode rooting-nya bisa dioperasikan atau tidak. Kalau berhasil, rooting akan berlangsung secara otomatis.

Cara root hp Samsung tanpa aplikasi juga bisa kamu pilih. Tapi, kalau masih ingin mencari alternatif aplikasi lain untuk rooting, ada FrameRoot dan KingoRoot. Aplikasi FrameRoot mendukung smartphone yang menggunakan chipset Mediatek, salah satu contohnya adalah Samsung J7 Plus.

Persiapan pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan (enable) fungsi Unknown Source. Caranya yaitu dengan memilih Setting, lalu Security, baru kemudian ada pilihan Unknown Source. Tujuannya adalah untuk memberi akses aplikasi Frameroot sehingga bisa diinstal di smartphone milikmu.

Baca yang ini  Cara Root Samsung Galaxy V dan Samsung J1

Selanjutnya, unduh Frameroot terbaru, instal, lalu buka aplikasinya. Begitu tampilan Frameroot-nya muncul, klik Install SuperUser. Kalau sukses, akan muncul kalimat ‘success superuser su binary installed. You should have reboot your phone.’

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu coba untuk rooting adalah KingoRoot. Caranya sama seperti aplikasi lain, yaitu unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasinya dan klik tombol ‘One Click Root’ pada tampilan aplikasinya. Rooting pun berjalan secara otomatis. Kalau berhasil, muncul tulisan ‘Root Succeeded.’

Kamu bisa mengeceknya dengan memeriksa ketersediaan ikon SuperUser ini, masuk ke App Drawer atau kunjungi Google Palsy Store untuk menginstal aplikasi Root Checker. Untuk mengantisipasi penyalahgunaan sistem root oleh aplikasi-aplikasi yang tidak sengaja ikut terinstal di smartphone, sebaiknya instal juga aplikasi Chainfire Root Manager.

Mudah bukan, cara root hp Samsung ini? Kamu bisa mencoba satu per satu masing-masing cara tersebut dan pilih cara termudahnya. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu unroot aplikasi rooting-nya, kemudian coba aplikasi rooting berikutnya. Tapi, selain manfaatnya, kamu juga perlu mencari tahu risiko rooting dan menggonta-ganti aplikasinya.

Kalau kalian menyukai tulisan ini, pastikan membagikannya di sosial media ya. Dadah !

Pencarian kata kunci lain:

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.