Cara Screenshot Lenovo yang Mudah Tanpa Butuh Waktu Lama

Fitur screenshot acapkali digunakan sebagai bukti atas sesuatu. Bisa digunakan untuk kebutuhan menulis artikel, menyimpan tampilan sebelum dihapus, dan sebagainya. Sudah tahukah kamu bagaimana cara screenshot Lenovo? Berikut ini ada beberapa cara yang paling mudah dipraktikkan. Pastikan ikuti dengan teliti agar berhasil.

Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi

Trik screenshot Lenovo yang paling mudah itu dengan memasang aplikasi ke perangkat lebih dulu. Tanpa pengaturan macam-macam, sudah bisa langsung dipraktikkan. Tidak harus pakai cara-cara manual yang kadang justru bikin layar tidak berubah sama sekali karena salah langkah. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan itu bernama LightShot.

gambar dari belajarmultimedia11.wordpress.com

Aplikasi screenshot LightShot sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna laptop Lenovo. Tidak hanya bisa screenshot saja, tetapi juga bisa menyunting hasil screenshot, menambah tulisan, keterangan, tanda panah, dan sebagainya. Persis dengan apa yang dipraktikkan oleh para blogger saat mereka menulis tutorial dari langkah ke langkah.

Untuk mengambil gambar dari layar, tinggal klik ikon copy. Kemudian klik save untuk menyimpan hasil screenshot. Ketika kamu mau menyunting hasil potret layar, klik saja menu edit. Setelah itu, pilih copy serta paste dan taruh di lembar kerja Microsoft Word.

Pakai Fitur Snipping Tool

Cara screenshot di komputer merek Lenovo ini juga bisa dengan menggunakan fitur bawaan. Namanya snipping tool. Akan tetapi, fitur ini belum ada untuk yang masih menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows XP. Untuk menggunakan fitur ini, silakan kamu buka saja Windows, lalu ketikkan snipping tool.

gambar dari www.termasmedia.com

Ketika sudah terbuka tampilan baru, klik tulisan new. Lalu klik kiri serta drag untuk area layar yang ingin kamu ambil gambarnya. Tidak harus sepenuh layar. Untuk menyimpan hasil tangkapan layar, pilih saja save. Ketika ingin digunakan sebagai bagian dari tulisan di Microsoft Word, langsung saja copas ke lembar kerjanya.

Gunakan Perpaduan Tombol Windows dengan Print Screen

Cara screenshot di laptop Lenovo selanjutnya tidak perlu pakai aplikasi maupun harus mencari tool bawaan. Cukup klik saja tombol Windows dibarengi dengan tombol Print Screen. Ketika kamu menekan, wajib secara berurutan. Jangan dilepas salah satu tombol sebelum fungsinya betul-betul bekerja sesuai dengan perintahmu.

Perlu diketahui pula, bahwa cara ini hanya bisa kamu lakukan untuk Lenovo dengan sistem operasi Windows 8 serta 10 saja. Untuk yang masih pakai Windows 7, tidak bisa. Setelah mengaktifkan perintah screenshot tersebut, secara otomatis hasil tangkapannya akan tersimpan. Untuk melihat hasilnya, klik saja folder screenshot di windows explorer.

Pakai Tombol Print Screen Saja

Kenapa tadi harus pakai cara screenshot di PC Lenovo dengan perpaduan antara tombol Print Screen dan Windows kalau ternyata bisa hanya dengan tombol Print Screen saja? Tunggu dulu. Untuk menerapkan cara ini, perangkat Lenovo kamu harus sudah dilabeli dengan PrtSc atau PrintScr atau PrntScrn atau PrtScn atau semacamnya.

Gambar dari laptonesia.com

Kalau tidak atau belum dilabeli dengan fitur tersebut, tentu tidak bisa. Mengingat produk Lenovo itu banyak sekali, hanya sebagian yang memiliki fitur tersebut. Untuk mengaktifkannya, silakan tekan tombol CTRL + V. Setelah layar berhasil terpotret, segera klik tombol CTRL + S. Kemudian masukkan saja ke Microsoft Word agar mudah dicari.

Baca yang ini  Cara Screenshot di Laptop Acer, Asus dan Lenovo All Type

Video cara screenshot Lenovo

Manakah yang paling mudah di antara cara screenshot Lenovo tersebut menurutmu? Semua cara di atas bisa kamu akses tanpa harus terhubung dengan internet. Hasil yang didapatkan 100% persis dengan apa yang kamu lihat di layar sebelum dipotret. Asalkan mengikuti step by step dengan benar, pasti berhasil.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.