Cara Root Samsung Galaxy V dan Samsung J1

Samsung Galaxy V dan Samsung J1 merupakan seri Samsung yang harganya cukup terjangkau. Bagi kamu yang baru membeli hp ini, beberapa panduan serta cara root Samsung Galaxy V dan Samsung J1 perlu diketahui dan dipahami untuk mengantisipasi kesulitan dalam mengaplikasikan salah satunya. Berikut informasi lengkapnya buat kamu.

Cara Root pada Samsung Galaxy V dengan Kingroot

Persiapan awal adalah dengan mengaktifkan internet dan memastikan daya baterainya melebihi 50%. Setelah kedua syarat tersebut kamu penuhi, unduh aplikasi Kingroot, lalu instal sampai selesai. Panduan root Samsung Galaxy V berikutnya yaitu jika file masih di PC atau luar smartphone, segera masukkan. Kemudian, instal lagi dengan benar.

Kalau sudah di-instal, masuk ke Pengaturan telepon, cari menu Development atau Pengembangan. Hidupkan USB Debuging yang terdapat di dalamnya. Bagaimana tahapan untuk cara root hp Samsung ini kalau menu Development belum ada? Aktifkan dengan cara menekan Build Number beberapa kali sampai muncul kalimat ‘you are now a developer’.

Baca yang ini  Cara Screenshot Samsung J1 Ace dengan dan Tanpa Tombol

Sampai di sini, kamu bisa langsung buka aplikasinya dengan versi di atas 4.0. Pilih tombol Start Root pada halaman awalnya, lalu klik Start Root, tunggu sampai benar-benar selesai karena kalau sudah selesai, Samsung Galaxy V akan reboot sendiri. Berhasil tidaknya cara rooting ini bisa dipastikan dengan memeriksa keberadaan aplikasinya pada menu aplikasi.

Cara Root pada Samsung Galaxy V dengan Frameroot

Kamu harus unduh dan instal aplikasi Frameroot ke Samsung Galaxy V. Lihat menu ‘Select an Action to Execute after Root’, ubah tulisannya dengan ‘Install Super User’, lalu pilih Gadalf. Tunggu sampai prosesnya selesai yang ditandai dengan munculnya kalimat ‘Supersuser and Su Binary Installed’.

Baca yang ini  Cara Flash Samsung Ace 3 Beserta Firmware yang Digunakan

Selanjutnya, muncul notifikasi ‘you have to reboot your device’, lalu klik ‘oke’. Sampai di sini, proses rooting sudah selesai. Untuk memastikannya, kamu bisa buka aplikasi SuperUser atau SuperSu. Kalau ada permintaan untuk menginstal Su Binary, tekan ‘ok; dan pilih ‘Normal’.

Cara Root pada Samsung Galaxy J1 dengan Towelroot

Nah, buat kamu yang punya Samsung seri J1, baik Galaxy J1, J1 Ace, J1 NXT Mini, J1 2015, J1 2016, dan lainnya, ada cara khusus. Di sini akan dibahas root untuk Samsung J1 2015 dan 2016 (J120H). Cara root Samsung J1 2015 diawali dengan mengunduh Towelroot, lalu instal ke smartphone. Setelah itu, pilih menu ‘Make it Rain’.

Kalau prosesnya selesai, secara otomatis Samsung Galaxy J1 milikmu sudah berhasil di-root. Sedangkan root pada Samsung J120H 2016 diawali dengan menginstal Samsung USB Driver. Kamu butuh PC atau laptop untuk melakukannya. Unduh Root Samsung Galaxy J120H, kemudian ekstrak. Pindahkan file SuperSU ini ke memori internal smartphone.

Langkah berikutnya instal TWRP Galaxy J1 (2016) dengan cara membuka menu Odin, klik AP, lalu pilih TWRP. Setelah itu, masuk ke Tab Options, tapi jangan dicentang menu Auto Restart-nya. Kemudian, masuk ke Odin Mode. Caranya yaitu dengan menonaktifkan sementara smartphone milikmu, dengan menekan tombol Volume Down, Home, dan Power.

Baca yang ini  Ini Cara Flash HP Samsung Semua Tipe Menggunakan PC

Masuk lagi dengan menekan Volume Up, hubungkan smarphone dengan komputer untuk menginstal driver. Cek statusnya pada bagian kotak biru di bagian kiri atas layar komputer, mulai flashing dengan meng-klik Start, tunggu hingga muncul ‘Pass’. Setelah itu, nonaktifkan lagi Samsung J1 milikmu.

Lanjutkan dengan reboot ke Recovery Mode. Caranya, tekan tombol Volume Up, Home, dan Power, pilih Instal. Kemudian, cari file SuperSu yang sudah dipindah ke memori internal, tunggu sampai selesai. Rebooting bisa dilakukan dan secara otomatis, smartphone milikmu sudah berhasil di-root.

Dengan mengetahui beberapa cara root Samsung Galaxy V dan Samsung J1 ini, kamu tidak akan kesulitan saat baru membeli salah satu hp ini. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari rooting, seperti menghilangkan iklan yang menganggu, menghapus bloatware, memutus koneksi internet orang lain yang ‘numpang’ tanpa izin, sampai mengetahui password WiFi..

Pastikan kalian membagikannua di sosial media ya. Dadah !!!

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.