Cara Ngeflash HP Merek Samsung All Variant yang Mudah

Sampai saat ini, HP merek Samsung ditengarai sebagai merek terbaik karena tahan banting, banyak variannya serta spesifikasinya juga menarik. Namun, meski terbaik bukan berarti tak bisa bermasalah seperti mengalami bootlop, kan? Kalau sudah begini, kamu harus tahu cara ngeflash HP Samsung all variant baik menggunakan PC atau tidak! Seperti berikut ini!

Cara Flash Ponsel Samsung Menggunakan PC

Ketika HP Samsung kamu mengalami masalah seperti bootlop atau mati total, kamu bisa coba untuk ngflash-nya. Kiat ngeflash HP Samsung yang pertama adalah dengan mengggunakan PC.  Caranya tidak terlalu susah, kok! Pertama kamu hanya perlu menyiapkan semua bahannya yang terdiri atas ponsel itu sendiri dengan baterai minimal 30%.

Gambar dari hplover.com

Selain itu, kamu juga wajib menyiapkan kabel data, Samsung USB Driver dan firmware HP Samsung sesuai dengan tipenya. Jangan lupa siapkan aplikasi untuk flash ini. Sangat disarankan menggunakan aplikasi Odin karena ini yang paling terpercaya saat ini. Cara flash HP Samsung dengan PC dimula dengan menginstal Samsung USB Driver terlebih dulu.

Setelah itu, instal aplikasi Odin di komputer kamu. Jika sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut. Kemudian, matikanlah ponsel Samsung kamu sebagai cara flash HP merek Samsung dengan cara menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan.

Jika sudah, kamu akan dimasukkan ke mode Download dan lepaskan tombol tadi. Langkah selanjutnya, hubungkan ponsel kamu ke komputer menggunakan kabel data lalu tekan tombol Volume Atas. Setelah itu, ceklist pada pilihan Auto Reboot, F. Reset Time pada komputer dan masukkan firmware yang dibutuhkan dengan cara mengklik AP dan klik OK.

Setelah itu, proses flash HP merek Samsung akan segera berlangsung. Kamu hanya perlu menunggunya sampai selesai. Jika sudah, maka ponsel kamu akan restart otomatis. Jika sudah begitu, langkah flash ponsel merek Samsung menggunakan komputer sudah selesai.

Cara Flash Tanpa Komputer

Setelah tahu bagaimana cara ngeflash HP Samsung menggunakan komputer, kamu juga bisa coba yang tanpa komputer. Namun, sebelumnya pastikan kamu mem-back up data terlebih dulu, ya! Langkahnya adalah kamu harus simpan firmware ke memori ponsel lebih dulu. Setelah itu, tekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.

gambar dari repairsponsel.com

Nantinya, kamu akan dibawa ke menu Wipe Data atau Factory Reset. Kalau begitu, klik Yes dengan menggunakan tombol volume sebagai navigasi dan Home sebagai OK-nya. Tunggu proses tersebut selesai. Proses ini berguna untuk mengembalikan ponselmu ke pengaturan awalnya. Jika sudah, kamu akan diarahkan kembali ke menu awal.

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih Instal Zip form SD Card dan cari firmware yang kamu simpan sebelum langkah ini dimulai tadi. Ingat, sebelumnya kamu harus menyimpan firmware ini di SD Card agar tak menyulitkan ketika mencarinya dan ponsel kamu juga bisa membaca keberadaan firmware tersebut.

Setelah itu, klik Yes dan proses flash akan segera dijalankan. Setelah selesai, nantinya ponsel kamu akan restart otomatis. Jika sudah begitu, itu artinya proses flash yang kamu lakukan tanpa PC berhasil!

Video cara ngeflash HP

Itulah cara ngeflash HP merek Samsung all variant yang bisa kamu coba ketika ponselmu mengalami bootlop, hang logo atau bahkan mati total. Namun ingat, kamu harus melakukan semua cara tersebut dengan baik dan sesuai urutan agar ponselmu bisa kembali seperti semula, ya! Jangan sampai salah sebab ponsel kamu bisa saja tak berfungsi lagi nantinya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.