Cara Flash HP Samsung Semua Tipe dan Manfaat yang Didapatkan

HP Samsung sudah populer sejak beberapa dekade lalu. Tak heran jika peminatnya di Tanah Air masih melimpah hingga sekarang. Sayangnya, kadang ada saja tipe HP Samsung yang belum update sistem terbaru. Oleh karena itu, wajib menerapkan cara flash HP Samsung agar penggunaannya lebih optimal. Bagaimana kiat-kiat yang harus dilakukan?

gambar dari repairsponsel.com

Lakukan Persiapan sebelum Proses Flashing

Kiat flash HP Samsung ini wajib dilakukan untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi. Mula-mula, lakukan backup file-file yang kamu anggap penting. Pindahkan ke kartu memori eksternal maupun memori yang ada di PC/laptop. Biar lebih mudah, lakukan backup dengan software Kies yang kompatibel dengan berbagai perangkat.

Tidak seperti saat reset yang butuh baterai minimal 70%. Kalau mau flash HP, baterai yang dipersiapkan minimal 30% saja. Soalnya proses yang akan berjalan tidak begitu menguras tenaga. Toh, kebanyakan yang di-flash itu kan belum lama digunakan. Kemudian siapkan kabel data untuk menyambungkan perangkat ke PC maupun laptop.

Biar caranya berhasil, dapatkan dulu Samsung USB Driver yang bisa kamu peroleh lewat Samsung USB Driver Official Site. Pastikan untuk mengunduh dari situs resminya. Jangan lupa unduh pula firmware untuk tipe HP Samsung milikmu serta Odin sebagai software untuk proses flashing.

Flash HP di Komputer

Cara flash HP Samsung lewat PC ini tergantung sekali dengan driver serta software Odin. Setelah driver terunduh, silakan kamu pasang di komputer. Tujuannya agar smartphone-mu bisa terdeteksi oleh perangkat komputer. Susul dengan memasang software Odin. Kalau sudah, segera matikan smartphone-mu agar proses bisa berjalan lancar.

Gambar dari dewailmu.id

Memang masih tergolong dalam cara flash HP Samsung manual, namun tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Setelah mati, langsung tekan saja tombol power + volume bawah + home secara bersamaan. Tujuannya agar HP masuk ke mode unduh firmware untuk HP Samsung kamu.

Kalau sudah, lepaskan tombol-tombol tadi dan jangan tekan tombol apa pun lagi. Setelah itu, sambungkan HP ke komputer lewat kabel data. Tunggu kira-kira beberapa detik sampai perangkat HP terdeteksi oleh komputer. Untuk memastikan sudah terdeteksi oleh Odin, tekan saja volume up yang ada di perangkat HP Samsung milikmu.

Di software Odin, pastikan kamu sudah mencentang enable checklist di bagian auto reboot, F. reset time. Cari file dengan ekstensi Tar.MD5 dan klik OK serta start jika sudah ketemu. Maka, proses flash pun berlangsung. Harap tunggu sampai selesai dan pastikan HP Samsung kamu sudah reboot atau restart secara otomatis.

Flash HP Samsung Tanpa Menggunakan PC

Cara flash HP Samsung lewat HP memiliki tingkat keberhasilan yang tidak kalah tinggi. Bisa dibilang, bahwa cara ini lebih ringkas daripada pakai bantuan PC. Setelah kamu mem-backup file penting di memori dalam maupun memori tambahan, segera simpan firmware yang sudah terunduh ke dalam kartu memori. Tidak perlu diekstrak kalau masih .zip atau .rar.

Langsung saja nyalakan HP dengan mode recovery disertai dengan menekan tombol power + volume bawah + home secara bersamaan. Klik menu factory reset dan pilih “yes” untuk menerapkan cara flash HP Samsung tanpa PC. Lalu kembali ke menu awal dan pilih file firmware yang disimpan sebelumnya. Klik “yes” untuk menyelesaikan proses flashing.

Video terkait cara flash hp Samsung

Kedua cara flash HP Samsung di atas tergolong mudah diterapkan. Bahkan untuk pengguna Samsung yang masih awam sekalipun. Apakah proses flash HP di atas memiliki efek negatif? Sejauh ini sih tidak. Khusus untuk software Odin, firmware, dan driver, sekali lagi, harap unduh di situs resmi atau official agar aman 100%.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.