Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB dan Bahan untuk Flashing

Apakah istilah flashing masih terdengar asing di telingamu? Flashing sama artinya dengan update, yaitu memperbarui suatu hal agar kembali baik. Sistem operasi smartphone yang terganggu juga harus di-update. Kini, cara flash Asus Zenfone 5 tersedia lebih dari 1 cara. Kamu bisa pilih akan menggunakan cara mana.

Panduan Flashing Asus Zenfone 5 Via ADB

Ponsel Asus Zenfone 5 yang bootloop bisa ditangani dengan cara update sistem operasi Android yang sesuai. Persoalan ini menjadi puncak dari gangguan pemakaian lainnya, seperti loading lama, tidak berfungsinya beberapa fitur, dan sebagainya. Cara terakhir yang bisa menyelamatkan smartphone adalah menjalankan trik flash Asus Zenfone 5.

Flashing Asus Zenfone 5 via ADB Flashboot Tool terbukti 99,9% sukses dan menormalkan kembali fungsi ponsel. Sebelum melakukan flashing, kamu harus persiapkan berbagai hal, yaitu download intel USB Drivers, ADB Flashboot Tool, dan firmware untuk Asus Zenfone 5 yang sesuai. Cara flash Asus Zenfone 4 juga dengan cara download tool terlebih dahulu.

Baca yang ini  Harga HP Asus Zenfone 5 Beserta Spesifikasinya

Setelah itu, proses flashing dapat dimulai dengan mengekstrak intel USB Drivers, kemudian install di laptop/PC. Ekstrak juga ADB Flashboot Tool serta firmware yang sudah diunduh. Pindahkan firmware yang diekstrak ke folder ADB Flashboot Tool. Matikan smartphone dan masuk ke Flashboot Mode dengan menekan tombol volume up+power bersamaan.

Sampai di Flashboot Mode, pilih recovery dengan menekan tombol volume down, tekan tombol power untuk konfirmasi, dan setelahnya smartphone akan reboot otomatis. Setelah muncul logo robot hijau bertuliskan No Command, tekanlah volume up+volume down, kemudian lepaskan volume up sementara jari masih menekan volume down dan lepaskan.

Setelah melepas tombol down, keluarlah menu recovery pilihan. Pilihlah “Apply update from ADB” dan hubungkan Asus Zenfone 5 ke laptop/PC dengan kabel USB. Buka folder ADB Flashboot. Jalankan Command Prompt dengan menekan tombol shift pada keyboard dan klik kanan pilih “Open command windows here.”

Setelah terbuka, ketik perintah ADB Sideload [nama firmware].zip, lalu tekan enter pada keyboard. Secara otomatis proses flashing akan berjalan dan tunggulah sampai selesai. Jika flashing sudah 100%, berarti proses flashing sudah selesai dan smartphone kembali ke mode recovery.

Agar flashing lebih optimal, lakukan hard reset dengan pilih Wipe data factory reset, lalu pilih “yes”, kemudian delete all user data. Pilih wipe cache partition dan konfirmasi dengan pilih “yes.” Tunggu sampai selesai dan pilih reboot system now. Cara ini juga akan kamu temukan dalam cara flash Asus Zenfone C jika ingin menggunakan ADB Flashboot Tool.

Bahan yang Harus Dipersiapkan untuk Flashing

Telah disampaikan dalam panduan di atas bahwa sebelum melakukan flashing, kamu harus mempersiapkan berbagai hal, yaitu download intel USB Drivers, ADB Flashboot Tool, dan firmware untuk Asus Zenfone 5 yang sesuai. Firmware yang diunduh harus sesuai dengan firmware Asus Zenfone 5.

Baca yang ini  Setting 4G Vivo Y21, ada?

Dalam hal pemilihan firmware Zenfone 5, usahakan memilih yang berasal dari vendor resmi agar lebih aman diaplikasikan di smartphone kamu. Untuk itu, pilihlah stock ROM yang punya kapasitas dan ijin resmi. Sama seperti firmware Asus Zenfone C juga ada yang resmi.

Tak hanya persiapan dalam hal software saja, kamu juga perlu mempersiapkan smartphone, PC/laptop, dan kabel USB. Pastikan smartphone terisi daya lebih dari 50% untuk melakukan flashing. PC/laptop juga harus mempunyai daya cukup. Gunakan kabel USB yang asli atau original agar transaksi pindah file bisa berjalan lancar.

Untuk keperluan download, tentunya kuota internet haruslah mencukupi. Siapkan kuota internet minimal 1 GB untuk keperluan download berbagai software. Jika tidak, kamu harus stand by dengan jaringan wifi yang koneksinya stabil.

Itulah cara flash Asus Zenfone 5 via ADB Flashboot Tool yang bisa kamu terapkan untuk meng-update OS Android. Berbagai persiapan dalam hal peralatan atau media penunjang juga dibutuhkan agar proses flashing dapat berjalan lancar.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.