3 Cara Screenshot Oppo sekaligus Cara Melihat Hasilnya

HP Oppo merupakan perangkat smartphone yang cukup populer di Tanah Air. Fitur-fiturnya terkenal sangat canggih dan amat digandrungi oleh anak muda. Apa jadinya jika di antara segudang fitur canggih itu, ternyata belum tahu cara screenshot Oppo? Pasti teman-teman akan bilang kudet dan sebagainya. Biar kekinian, begini cara screenshot yang benar.

  1. Pakai Fitur Power + Volume Up

Trik screenshot Oppo ini tergolong sangat mudah. Silakan kamu klik atau tekan tombol power lalu disambung dengan tombol volume up. Tidak lama kemudian, pilihan layar baru pun muncul dan meliputi next page, screenshot area, dan save. Cara ini sangat bagus ketika ingin mengambil layar yang memuat timeline maupun chat terdahulu di LINE.

gambar dari tipsdani.com

Setelah muncul pilihan layar baru, geser bulatan putih yang mengarah ke bawah maupun ke atas di screenshot area. Setelah itu, silakan kamu klik save untuk menyimpan hasil tangkapan layar. Ketika kamu ingin mendapatkan hasil screenshot lebih panjang, pilih saja fitur next page. Jadi, tidak perlu lagi screenshot satu demi satu.

Cara ini juga bisa kamu lakukan ketika hendak meng-capture layar saat menjelajahi internet. Namun perlu diingat, bahwa cara screenshot HP Oppo versi lebih panjang ini hanya bisa dilakukan maksimal 8 kali.

  1. Pakai Tombol Power + Volume Down

Sebetulnya hampir sama dengan cara sebelumnya. Bedanya, cara ini pakai volume down. Letak tombolnya bisa di bagian samping kanan maupun samping kiri. Cara screenshot Oppo A37 juga bisa menggunakan tombol power serta volume down. Ketika kamu menekan tombol-tombol tersebut, tahan kurang lebih selama 3 detik.

gambar dari screenshothpandroid.com

Ketika proses selesai, secara otomatis, layar smartphone kamu langsung tertangkap dengan mulus. Untuk mengetahui gambar screenshot yang sudah dibuat, silakan kamu kunjungi langsung ke aplikasi Gallery. Pilih folder dengan nama screenshot. Nanti kelihatan semua hasil tangkapan yang kamu buat. Cara screenshot Oppo F5 kurang lebih sama.

  1. Screenshot Memakai Aplikasi Praktis

Kalau kamu tidak ingin menggunakan fitur bawaan, bisa kok pakai aplikasi tambahan. Pertama ada aplikasi bernama Screenshot Touch. Aplikasi ini bisa kamu peroleh tanpa biaya lewat Play Store. Setelah terpasang, silakan pilih gaya screenshot yang paling kamu sukai. Kalau ingin pakai gaya “goyang”, klik shaking and delay a capture by shaking”.

Setelah selesai, akan ada kotak dialog di bagian atas dengan rincian kalimat “start capture monitoring service”. Lalu pilih saja “start now” untuk memulai proses dan silakan goyangkan ponsel saat itu juga. Kalau sudah muncul getar disertai notifikasi, tandanya screenshot telah berhasil. Kemudian, klik saja “stop monitoring service” kalau sudah selesai.

Selain pakai Screenshot Touch, kamu juga bisa menangkap layar di ponsel dengan aplikasi lain semisal Screenshot Grabber 5.0. Caranya kurang lebih sama. Aplikasi lainnya ada Screenshot, Screenshot Capture Recorder, Screenshot Easy, dan lain-lain. Sebaiknya, biar lancar, pastikan ponsel yang kamu gunakan pakai sistem operasi Android minimal 4.0.

Baca yang ini  Cara Screenshot di Laptop Acer, Asus dan Lenovo All Type

Selain di Gallery, di Manakah Tempat Hasil Screenshot?

Di aplikasi Gallery kadang tampak tercampur dengan file lain seperti dokumen, foto pribadi, video, dan berkas-berkas lain. Biar lebih spesifik, buka saja aplikasi Photos. Nanti akan kelihatan salah satu folder dengan nama screenshot. Klik saja, nanti kelihatan semua hasilnya. Baik yang pakai aplikasi screenshot maupun yang pakai cara manual.

Video cara screenshot oppo

Cara screenshot Oppo mudah sekali, bukan? Tanpa waktu lama, hasil dari tangkapan layar sudah bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Baik untuk keperluan publikasi maupun hanya sebatas koleksi pribadi. Kalau ada teman yang membutuhkan, tidak ada salahnya untuk membagikan cara-cara di atas kepada mereka.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.